WEBINAR FORTEI #4

WEBINAR: Implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar

Menyusul webinar ketiga, di dalam minggu yang sama FORTEI sukses menyelenggarakan webinar keempat pada Hari Rabu, 10 Juni 2020. Webinar kali ini yang bertopik “Implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar” dihadiri oleh lebih dari 230 peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa.

Kesuksesan webinar ini tidak lepas dari narasumber yang diundang. Acara yang dimoderasi oleh Dr. Ir. Aries Subiantoro, M.SEE. selaku Ketua II FORTEI dan Ketua Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia, mengundang dua pembicara. Pembicara pertama adalah Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M., Rektor Universitas Bina Nusantara. Beliau menyampaikan bahwa dalam implementasi Kampus Merdeka, Universitas Bina Nusantara memberikan hak belajar tiga semester bagi mahasiswa untuk belajar di luar program studi yang diambil dengan rincian satu semester mengambil mata kuliah di luar program studi dan dua semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi. Pembicara kedua adalah Dr. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T., Sekretaris Pusat Inovasi dan Kajian Akademik Universitas Gadjah Mada. Beliau menyampaikan bahwa untuk memfasilitasi hak belajar di luar program studi, ada beberapa mata kuliah lintas disiplin yang selalu dikembangkan oleh UGM, antara lain Transformasi Digital, Kewirausahaan Sosial, Engineering Profesional Development, dll.

Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar ini pada dasarnya adalah arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia saat ini, Nadiem Anwar Makarim, yang bertujuan “memberikan kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai”.

Scroll to Top